Cara Belajar yang Efektif Agar Kamu Bisa Lulus Ujian

Insan muda gak kerasa udah masuk bulan februari aja  nih, itu berarti ujian udah didepan mata, apalagi buat kamu anak kelas 3  yang mau lanjut ke jenjang selanjutnya, dan pasti was-was banget dong yaa, takut gak lulus lah, takut nilai gak memuaskan lah, takut mengecewakanl;ah, dsb.

Nah tapi gak usah khawatir insan muda, karna kamu bisa terapin beberapa cara belajar efektif biar kamu bisa lulus ujian dengan baik.

Jangan Pake Metode SKS

Kebiasaan anak sekolah zaman sekarang dan zaman dulu itu selalu nyaman pake Sistem Kebut Semalam (SKS) dan pada umumnya masyarakat indonesia melakukan sistem tersebut yang bahkan diakui sendiri, bahwa sistem kebut semalam malah menyulitkan si pelajar, apa salahnya kamu menuntut hapalan kamu dari jauh-jauh hari, yang ternyata efeknya bisa bikin kamu makin hafal sama pelajaran yang kamu pelajari.

Jangan Terlalu Memaksakan Diri, Jika Kamu Sudah Mulai Kelelahan

Ingat insan muda tubuh juga butuh istirahat, jangan sampai kamu terlalu asyik belajar dan mengabaikan kesehatan kamu, karna ternyata “sehat adalah salah satu syarat kamu bisa menghadapi ujian dengan tenang” coba bayangkan jika ditengah ujian kamu sakit, itu akan memberika tekanan tersendiri terhadap tubuh kamu. Dan jika kamu merasa lelah karna terlalu lama belajar, hentikanlah untuk beberapa saat, lakuakan sesuatu yang bisa membuat mood mu kembali membaik, baik itu dengan cara bernyanyi sekencang-kencangnya atau mendengarkan musik, bahkan mengobrol. Ingatlah jika kamu terus memaksakan diri untuk terus belajar itu tidak akan membantu kamu, malah hanya bisa menjadi beban saja.

Belajar di Tempat yang Membuat Kamu Nyaman 

Jangan salah, jika kamu belajar di tempat yang nyaman itu akan berpengaruh dengan konsentrasi kamu belajar dan menghafal, apalagi di tempat yang udaranya Jernih, Supaya Pikiran Ikutan Bersih dan Siap Diajak Kerjasama. Mungkin dari kamu ada yang nyaman ketika belajar di taman belakang sekolah mungkin, atau di cafe atau bahkan di atas pohon. Intinya carilah tempat yang menurut kamu nyaman untuk belajar.

Menghafal atau Belajar di Saat Fajar / Subuh

Metode ini akan sangat membantu proses kamu belajar dan menghafal di waktu  subuh, percayalah insan muda, karna para ahli mengatakan waktu fajar adalah waktu yang sangat efektif, dapat mempercepat proses berfikir dan yang pasti Cuacanya mendukung. Karna udara di waktu subuh memang sangat segar sehingga dapat mendukung belajar kamu. Berbeda dengan siang hari yang gerah sehingga membuat kamu tidak dapat konsentrasi.

Gunakan Metode Learning By Doing

Mungkin kamu masih bingung denga pelajaran yang akan kamu hadapi dalam ujian nanti, nah salah satu caranya adalah gunakan metode Learning By Doing baik itu kamu bertanya kepada guru, atau bahkan belajar bersama teman, yang pasti jangan pernah malu untuk bertanya, terkadang hasrat ingin tahu kalah karna gengsi yang terlalu besar. Yakinlah kawan tidak ada yang salah jika kamu ingin mengetahui sesuatu.

Nah insan muda, semoga cara-cara diatas bisa membantu kamu agar lulus dalam ujian, yang jelas jangan malas untuk selalu berusaha karana “Usaha tidak akan pernah membohongi hasil”. Fighting!!!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *